Masjid dan Islamic Center Muara Bungo Jambi Diresmikan Kapolri


Bentang Khatulistiwa News
Sumatera27/9/2018
Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D. meresmikan Masjid Baeitul Rahmah dan Islamic Center di Kabupaten Bungo, Rabu (26/9/2018) pukul 11.00 wib. Masjid dan Islamic Center dibangun oleh Keluarga H.Ibrahim selama kurang lebih 2 tahun.

Adapun peresmiannya  ditandai dengan Penandatanganan Prasasti Penggunaan Masjid Baeitul Rahmah dan Pembangunan Islamic Center oleh Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D.

Pada kesempatan tersebut juga di serahkan hibah tanah seluas 10 HA dari Yayasan Ibrahim Fatimah kepada Polri untuk digunakan sebagai Markas Detasemen Brimob.

Dalam sambutannya Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D. mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada keluarga H. Ibrahim yang telah membangun masjid dan islamic center sebagai salah satu upaya dalam upaya mencegah radikalisme dan terorisme, serta pembinaan sumber daya manusia secara keseluruhan.

Kapolri juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kepedulian keluarga H. Ibrahim yang menghibahkan tanah seluas 10 Ha utk pembangunan Mako Detasemen Brimob. Hal tersebut akan memberi manfaat sangat besar dalam upaya pemeliharaan keamanan di wilayah Jambi.

Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D. menyampaikan bahwa keamanan seperti kesehatan, sangat penting dan berharga dalam kehidupan manusia.

Seperti kesehatan maka keamanan harus selalu dirawat. Jangan pernah menganggap remeh aspek keamanan. Dengan terpeliharanya kemanan maka akan membuka peluang tumbuh dan berkembangnya aktivitas perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, Prof Nasarudin Umar (Imam Besar Masjid Istiqlal) memberikan tausiah tentang betapa besarnya pahala yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia yang memberikan wakaf bagi kemaslahatan umat manusia, baik berupa masjid, islamic center, maupun Markas Brimob untuk keamanan masyarakat.

Prof Nasarudin Umar menyampaikan bahwa masjid selain mengemban fungsi sebagai sarana ibadah, juga harus mampu memberdayakan umat. Masjid harus mampu memakmurkan masyarakat.

“Hal tersebut sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW yang memberdayakan masjid untuk aktivitas sosial ekonomi umat. Mulai dari aktivitas sosial kemasyarakatan, perekonomian, kebudayaan, dan kesehatan,” ucap Prof Nasarudin Umar.

“Masjid merupakan tempat bertemunya umat dengan latar belakang yang beragam. Bahkan masjid Nabi SAW digunakan utk pertemuan kerukunan lintas agama. Oleh karena itu, masjid juga mengemban fungsi kontrol sosial dan kerukunan masyarakat,” kata Prof Nasarudin Umar.

“Masjid sebagai sarana ibadah juga harus mampu menyebarkan kedamaian dan kerukunan dalam kehidupan masyarakat. Mengajarkan pengetahuan serta menghindarkan umat dari radikalisme dan kekerasan, demi keutuhan NKRI,” ucap Imam Besar Majid Istiqlal Prof Nasarudin Umar.

“Oleh karena itu, pembangunan masjid dan islamic center, serta hibah tanah untuk pembangunan Markas Detasemen Brimob oleh keluarga H. Ibrahim merupakan aktivitas yang sangat mulia. Masjid, islamic center, dan berbagai fasilitas pendukungnya diharapkan akan terus memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kemaslahatan masyarakat, bangsa, dan negara,” tutup Prof Nasarudin Umar.

Dalam kegiatan tersebut Kapolri didampingi Kadivpropam Polri, Kakorbrimob Polri, Kadensus 88 Anti Teror Polri, Karopenmas Divhumas Polri, serta Dirpoludara Baharkam Polri. Kegiatan juga dihadiri oleh PLT Gubernur Jambi H Drs Fachrori Anwar beserta jajaran Forkopimda Provinsi Jambi, Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Muchlis AS beserta jajaran, serta Bupati Bungo beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Bungo.
(BKnews/WR)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengungkap Misteri Kerajaan Gaib Sungai Walanae Di Kabupaten Bone

Redaksi Bentang Khatulistiwa News

Warga BTN Bumi Cilellang Mas Kelurahan Toro Kabupaten Bone Dambakan Perbaikan Akses Jalan