Tao Silalahi Terfavorit Buat Kemah Di Kawasan Danau Toba

Sumatera Utara// newsbentang.com - Keindahan dari beberapa tempat wisata yang ada di Sumatera Utara sudah tak diragukan lagi. Salah satunya adalah adanya danau terbesar di Asia Tenggara ini, yaitu Danau Toba.
Sabtu,(18/07/2020).
Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia selain Bali dan Lombok. Dikarenakan begitu luasnya Danau Toba memberikan dampak yang baik bagi desa desa yang berada di pinggiran Danau Toba. Salah satunya adalah Desa Silalahi. Desa yang satu ini menjadi salah satu tujuan wisata ketika kita berada di Danau Toba. Alasannya sudah sangat jelas, karena di desa ini terdapat Tao Silalahi, salah satu bagian dari Danau Toba yang paling indah.

Tao Silalahi ini berada di Desa Silalahi, Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi,
Sumatera Utara. Keindahan Tao Silalahi memang sudah tak diragunakan lagi di mata para wisatawan, terutama kawasan pantainya. Kawasan pantai di Tao Silalahi paling sering dijadikan lahan untuk camping sampai berkemah.

Alasannya karena kawasan pantainya luas, dan juga udaranya masih sangat segar dan sejuk. Selain itu pemandangan disini juga tak kalah bagus dibanding tempat memandang Danau Toba lainnya, terutama jika kita mendaki bukit yang ada di Desa Silalahi ini.

Desa Silalahi ini merupakan desa marga Silalahi. Silalahi adalah salah satu marga dari suku Batak. Di Desa Silalahi ini terdapat sebuah tugu yang indah yang bernama Tugu Silahi Sabungan. Tugu ini cukup tinggi. Di sekitaran bangunan tugu sudah di keramik sehingga menambah kesan mewah pada tugu ini. Selain itu, disekitaran tugu terdapat gambar gambar pada keramik. Orang orang yang datang ke Tugu Silalahi ini cukup ramai.

Ada yang mengadakan acara perkumpulan marga bersana sanak keluarga, dan ada juga yang sekedar berlibur dan berfoto foto di Tugu Silalahi ini. Untuk memasuki area tugu, para pengunjung diwajibkan untuk membuka alas kaki. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan tugu dan juga menjaga kualitas keramik agar tetap terjaga.

Tugu Silalahi yang berada di atas bukit menjadikan lokasi Tugu Silalahi tempat memandang Danau Toba dari ketinggian. Jika kalian ingin melihat keindahan matahari terbit dan matahari tenggelam, dari Tugu Silalahi ini kalian akan mendapat view yang sangat bagus. Di sekitaran Tugu Silalahi, kalian juga masih bisa menjumpai rumah rumah adat khas Batak yang masih cukup terawat.

Area Tugu Silalahi yang cukup luas cukup untuk memarkirkan kendaraan baik roda 4 maupun roda 2. Di sekitarannya juga kalian masih bisa menjumpai kawasan persawahan milik warga setempat. Banyak juga kerbau kerbau milik warga yang masih berkeliaran di sekitaran rumah adat Batak tersebut.

Keadaan Tao Silalahi yang bisa dibilang masih alami membuat kebersihannya masih cukup terjaga. Para pengunjung banyak yang berenang di pinggir pantai. Sebagian lagi ada juga yang memancing. Tao Silalahi selalu ramai dikunjungin pada hari sabtu, minggu, dan hari libur.

Rata rata pengunjungnya masih di dominasi oleh para wisatawan lokal saja seperti dari Medan, Siantar, Sidikalang, Tarutung dan kota kota lainnya yang ada di Sumatera Utara. Untuk wisatawan luar negeri masih cukup sulit untuk dijumpai di Tao Silalahi. Mungkin karena Tao Silalahi masih kalah terkenal dengan Tigaras ataupun Parapat.

Di Tao Silalahi, kalian bisa melakukan kegiatan berselancar. Mungkin sedikit asing karena biasanya berselencar hanya ada di laut. Namun, kegiatan ini benar benar bisa kalian temui, walau di bulan bulan tertentu yang dimana ombak di Tao Silalahi bisa mencapai ketinggian 30 sampai 40 meter. Namun tetap selalu waspada karena di Tao Silalahi merupakan palung terdalam di Danau Toba sedalam 905 meter.

Selama di Tao Silalahi, kalian juga akan menemukan warga yang berjualan makanan dan minuman ringan kepada pengunjung. Kegiatan ini menjadi sampingan warga setempat disamping pekerjaan utama mereka yaitu petani bawang dan nelayan.

Bahkan sebagian dari mereka ada juga yang membuka beberapa warung kecil di pinggiran pantai sehingga pengunjung lebih mudah untuk membeli kebutuhan yang emergency.(Okt).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengungkap Misteri Kerajaan Gaib Sungai Walanae Di Kabupaten Bone

Redaksi Bentang Khatulistiwa News

Warga BTN Bumi Cilellang Mas Kelurahan Toro Kabupaten Bone Dambakan Perbaikan Akses Jalan